Hasil Barcelona vs Athletic Bilbao: Skor 3-1

Langkah Barcelona menuju Treble Winner tinggal satu langkah lagi setelah dinobatkan sebagai juara Copa del Rey dini hari tadi (31/5). Barca sukses menggilas Athletic Bilbao di babak final dengan skor 3-1.

Gol Barca diciptakan oleh Lionel Messi (2) dan satu gol dari Neymar. Sementara itu, gol hiburan untuk Bilbao disumbangkan oleh Inaki Williams.

Bermain di Camp Nou, pasukan Luis Enrique mengawali laga dengan rasa percaya diri yang tinggi. Permainan cepat diperagakan oleh Lionel Messi dkk. Baru menginjak menit 10, Barcelona mencetak gol melalui kaki Messi. Namun sayang, wasit menyatakan off-side terlebih dahulu.

Gol dianulir, semakin membuat Barcelona gencar melancarkan serangan. Sepuluh menit kemudian, perjuangan itu membawa hasil. Gol sah untuk Barca terjadi pada menit 20. Siapa lagi kalau bukan Messi yang menjadi aktornya. Setelah menerima umpan dari Dani Alves, pemain yang kerap dijuluki 'Alien' ini berhasil melewati empat pemain belakang Athletic yang menghadangnya. Finishing kaki kirinya menghujam ke arah kanan gawang Herrerin. Skor 1-0 untuk Barcelona.

Tanggung jawab Herrerin sebagai penjaga gawang Bilbao benar-benar diuji. Setelah terjadi gol pertama, ia harus berjuang keras menghentikan serangan tim pemenang La Liga ini. Pada menit 24, Herrerin harus menghentikan peluang Suarez. Dua menit berselang, Herrerin sukses menyelamatkan gawangnya dari tembakan keras Pique.

Namun pada akhirnya, gawang Herrerin harus jebol lagi pada menit 36. Kerja sama antara Rakitic, Messi, Suarez, dan akhirnya diselesaikan oleh Neymar membuat skor menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol tak membuat pasukan Valverde menyerah. Pada menit 40, Williams mendapat peluang untuk memperkecil ketertinggalan. Namun tembakan volinya masih melambung di atas mistar gawang. Akhirnya hingga babak pertama usai, skor tetap 2-0 untuk Barcelona.

Usai turun minum, Bilbao mencoba keluar membangun serangan. Barcelona yang akan menghadapi final Liga Champions memilih menurunkan tensi permainan.  Namun tetap saja, Barca bisa mencetak gol ketiga. Menerima sodoran umpan pendek dari Dani Alves, Messi menyerobot dari pengawalan bek Bilbao, meneruskan bola dengan kaki luarnya. Skor 3-0, gelar juara kini sudah ada di depan mata.

Bilbao mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 pada menit 79 oleh Williams, setelah menerima umpan pemain yang baru masuk, Ibai. Namun di sisa 11 menit waktu normal, sepertinya sulit untuk mengejar ketertinggalan. 

Dan benar, setelah gol tersebut tak ada gol tambahan. Sampai wasit meniup peluit panjang skor berakhir 3-1. Barcelona juara Copa del Rey!


Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba (Mathieu 77'); Rakitic, Busquets, Iniesta (Xavi 56'); Messi, Suarez (Pedro 78'), Neymar.

 Athletic Bilbao (4-2-3-1): Herrerin; Bustinza, Etxeita, Laporte, Balenziaga; San Jose, Rico (Iturraspe 76'); Iraola (Markes Susaeta 58'), Benat (Ibai Gomez 75'), Williams; Aduriz.

Statistik Pertandingan

Shot On Target : 9-4
Shots Off Target: 3-3
Ball Possession: 66 % - 34 %
Corners: 5-2
Pelanggaran: 12-29
Offsides: 6-1